19.6 C
Malang
Kamis, September 19, 2024
KilasJokowi Wanti-wanti Kepala Daerah soal Anggaran dan Keamanan Pilkada 2024

Jokowi Wanti-wanti Kepala Daerah soal Anggaran dan Keamanan Pilkada 2024

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan tentang anggaran dan keamanan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Di hadapan para kepala daerah saat pengarahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (13/8/2024), Jokowi meminta agar anggaran Pilkada serentak 2024 segera diselesaikan. Sehingga tidak mengganggu proses atau tahapan Pilkada.

“Yang berkaitan dengan Pilkada, saya minta urusan anggaran harus segera selesai. Anggaran untuk Pilkada,” ujarnya saat di Istana Garuda, IKN Nusantara, Selasa (13/8/2024).

Kemudian, terkait kemanan pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Jokowi meminta agar komunikasi dan koordinasi dengan Forkopimda setempat dilakukan secara intens. Sebab, tahun ini adalah pertama kalinya Pilkada digelar secara serentak di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

“Berkaitan dengan keamanan, koordinasikan dengan Forkopimda, karena ini belum pernah kita memiliki pengalaman untuk melaksanakan pilkada serentak,” katanya.

“Kalau dulu enggak serentak, bisa keamanan bisa dibantu dari kabupaten lain, dari daerah dan provinsi lain, sekarang semua serentak, semuanya, tinggal ini betul-betul ini dibicarakan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga berpesan agar para kepala daerah meminta tambahan kemanan kepada aparat setempat, jika memang diperlukan pengamanan tambahan. Menurut dia, hal itu harus betul-betul dikoordinasikan dengan baik, sehingga mampu menciptakan keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

“Kalau ragu-ragu dan memerlukan tambahan kekuatan agar disampaikan kepada Kapolda, kalau provinsi sampaikan ke Kapolri langsung. Ini menyangkut keamanan dan ketertiban nanti di dalam kegiatan Pilkada yang kita akan lakukan nanti di bulan November,” tandas Jokowi.

Reporter: Ubay NA

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer