18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasAMIN Jadi Paslon Pertama yang Mendaftar ke KPU RI

AMIN Jadi Paslon Pertama yang Mendaftar ke KPU RI

Pasangan Calon Presiden Anies Baswedan bersama Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar mendaftar ke Kantor KPU RI
Pasangan Calon Presiden Anies Baswedan bersama Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar mendaftar ke Kantor KPU RI

PASANGAN Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan bersama Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar (AMIN) resmi mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pada hari pertama pembukaan pendaftaran, Kamis (19/10/2023).

Sekitar pukul 09.00 WIB, Koalisi Perubahan yang terdiri atas Partai Nasdem, PKS, dan PKB, serta para relawan mengantarkan perjalanan bakal Capres-Cawapres berslogan AMIN tersebut menuju kantor KPU. Kedatangan mereka langsung disambut oleh para pimpinan KPU RI. AMIN menjadi pendaftar pertama pada hari pertama pembukaan pendaftaran Capres-Cawapres.

“Atas nama pasangan calon dan seluruh partai koalisi menyampaikan terimakasih atas sambutan yang hangat pada pagi hari ini, semoga ini menjadi awalan yang baik bagi perjalanan untuk kebaikan bangsa,” kata Anies menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan lebih detail perihal prosedur dan mekanisme selanjutnya terkait pendaftaran Capres-Cawapres.

“Secara administratif, yang kami terima ini nanti ukurannya adalah lengkap atau belum lengkap, itu saja. Kiranya nanti ada yang belum lengkap, nanti masih bisa dilengkapi. Tapi sebelum sampai ke sini kan ada tim verifikasi, sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap,” kata dia.

Setelah ini, lanjut Hasyim, akan memasuki tahapan verifikasi yang ukurannya adalah dua, apakah dokumennya benar atau belum, dan sah atau belum. “Itu nanti ada kesempatan kiranya dokumen dinyatakan belum benar atau belum sah, nanti ada kesempatan untuk melakukan pelengkapan atau perbaikan-perbaikan,” imbuhnya.

Hasyim menjelaskan, bakal paslon yang diusung oleh Koalisi Perubahan itu akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu (21/10/2023) mendatang. Hal itu untuk menilai kemampuan dalam menjalankan tugasnya jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

“Setelah ini kami akan memberikan surat pengantar kepada bakal pasangan calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, untuk dilakukan penilaian terkait kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, yang akan dilakukan oleh tim pemeriksa di Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto. InsyaAllah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023,” tandas Hasyim.(*)

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer