18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasBocoran Sosok yang Bakal Diusung Gerindra di Pilkada Serentak Jatim

Bocoran Sosok yang Bakal Diusung Gerindra di Pilkada Serentak Jatim

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad

KETUA DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad mengungkapkan sejumlah nama tengah disiapkan partainya untuk maju sebagai calon pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Pilkada Serentak sendiri dijadwalkan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Gus Sadad, panggilan akrabnya, menyebut, seluruh instrumen dan mesin partai berlogo kepala garuda itu telah siap untuk memenangkan Pilkada di masing-masing daerah tersebut. Bahkan, partai Gerindra menargetkan sekitar 75 persen kadernya (yang dicalonkan) untuk bisa duduk sebagai eksekutif.

“Kami target minimal 75 persen kader kami duduk sebagai eksekutif hasil Pilkada Serentak 2024 se Jatim,” katanya kepada awak media, Jum’at (24/5/2024).

Gus Sadad menerangkan, untuk Kota Surabaya, partainya telah menyiapkan satu nama. Namun, untuk siapanya, dia masih merahasiakannya.

“Itu akan menjadi kejutan dalam Pilkada Kota Surabaya, terutama untuk melawan potensi duet Eri Cahyadi-Armuji yang bakal diusung PDIP. Surabaya sudah ada nama, tinggal nanti waktunya kita sampaikan,” jelasnya.

Meski begitu, kemungkinan sosok yang dimaksud adalah musisi sekaligus pentolan grup musik Dewa 19 Ahmad Dhani Prasetyo. Mengingat sebelumnya, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sempat menyebut tengah menyiapkan dan mendorong suami Mulan Jameela itu untuk diusung di Pilkada Kota Surabaya 2024.

Saat ini, Dhani sendiri diketahui menjabat sebagai Wasekjen Gerindra. Dia juga merupakan calon anggota DPR RI terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) Surabaya-Sidoarjo.

Lebih lanjut, Gus Sadad memastikan selain Kota Surabaya, kader internal partai Gerindra yang juga didorong maju ada Dr Ascluchul Alif. Nantinya, ia akan bertarung sebagai calon bupati (cabup) dalam Pilkada Gresik 2024.

Sementara, di Kabupaten Pasuruan, Ketua DPC Gerindra Pasuruan Rusdi Sutejo juga didorong untuk mencalonkan diri sebagai cabup Pasuruan 2024. “Untuk Kabupaten Probolinggo ada dewan penasehat DPC Gerindra setempat, yaitu Gus Haris sebagai cabup Probolinggo,” terangnya.

Selanjutnya, Gus Sadad juga mengaku telah menyiapkan Ketua DPC Gerindra Kota Probolinggo dr Aminuddin sebagai calon walikota (cawali) Probolinggo dan Ketua DPC Gerindra Banyuwangi Sumail Abdullah sebagai cabup Banyuwangi. Selain itu, ada Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Gus Fawait untuk maju sebagai cabup di Pilkada Jember 2024.

“(Kemudian) Di Lumajang kami usung Bu Indah maju sebagai Calon Bupati Lumajang 2024. Di Kabupaten Malang, kami siapkan Chusni Mubarok sebagai Cawabup Malang 2024. Untuk Kota Malang ada Mas Rimza yang kami siapkan Cawali Kota Malang 2024,” ungkap Gus Sadad.

Kemudian di Kota Batu, Gus Sadad menyebut sosok Heli Suyanto sebagai calon wakil walikota (cawawali) dan di Tulungagung akan ada Ahmad Baharudin yang diajukan sebagai cabup.

“Di Kota Kediri kami siapkan Katino sebagai Cawali Kota Kediri 2024. Di Trenggalek ada dua nama, salah satunya Adib Fatoni sebagai cawabup Trenggalek,” jelasnya.

Gus Sadad juga menyebut nama Sahudi tengah disiapkan Gerindra untuk mendampingi cabup incumbent dari PKB, Anna Muawanah di Pilkada Bojonegoro.

“Di Lamongan kami siapkan Gus Imam selaku Wakil Ketua DPC Gerindra Lamongan untuk menjadi cawabup dari Yuhronur Effendi. Terus di Kota Blitar kami siapkan Mas Yohan sebagai Cawali. Lalu di Jombang ada kader kita dewan penasehat Pak Warsubi yang akan maju sebagai Cabup Jombang,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Blitar, Tjutjuk Sunario juga disebut bakal diusung untuk mencalonkan diri di Kabupaten Blitar. “Kemudian Magetan ada Mas Putut Ketua DPC kami siapkan maju Cabup Magetan 2024,” imbuh Gus Sadad.

Beberapa kabupaten/kota yang belum terisi calon dari Gerindra, kata Gus Sadad, juga tengah menggodok nama-nama untuk diusulkan atau diajukan, sehingga di setiap daerah se-Jawa Timur bakal terisi kader Gerindra.

“Insya Allah Gerindra akan menang di semua Pilkada Serentak 2024 di Jatim,” pungkasnya.

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer