23.7 C
Malang
Rabu, April 17, 2024
KilasKLL PWA Jatim dan PDA Sampang Sambut Ramadhan dengan Program Back to...

KLL PWA Jatim dan PDA Sampang Sambut Ramadhan dengan Program Back to Masjid

Dari kiri Hanafi (Wakil Ketua PDM Sampang), Zainal Arifin (Sekretaris PDM Sampang), Kholiq Mawardi (Sekretaris LAZISMU Sampang), Miftachul Jannah (Ketua KLL PWA JATIM), Farida Muwafiq (Wakil Ketua PWA JATIM) . Bersama perwakilan siswa dan siswi SMP MUHAMMADIYAH 1 Sampang.

MENYAMBUT bulan puasa Ramadhan 1445 Hijriah, Kantor Layanan LazisMu (KLL) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jatim dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Sampang bekerjasama dalam program back to masjid pada Ahad, 9 Maret 2024. Sasarannya adalah Masjid Dakwah di Jalan Durian, Sampang, Madura.

Back to Masjid merupakan program LazisMu dalam rangka menyemarakkan masjid sebagai pusat dakwah dan pemberdayaan umat. Kegiatan yang dilaksanakan kali ini adalah memberikan perlengkapan kebersihan berupa tempat sampah kering dan tempat sampah basah ukuran 60 liter.

Itu dilakukan agar jamaah selalu menjaga kebersihan masjid dan lingkungan sekitar. Tempat sampah organik dan anorganik yang ditasyarufkan oleh KLL PWA JATIM kepada Masjid Dakwah Sampang Madura, sebagai gerakan aksi menciptakan masjid ramah lingkungan.

Jama’ah bisa terbiasa untuk melakukan pemilahan sampah. Sampah plastik (sampah kering/anorganik) harus dibedakan dan dipisahkan dengan sampah makanan (sampah basah/organik). Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan sampah. Memudahkan pembuangan Dan pengolahan sampah. Salah satu program unggulan KLL PWA Jatim yaitu pemberdayaan di bidang lingkungan hidup.

Ketua Kantor Layanan LAZISMU Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur Miftachul Jannah mengatakan bahwa pada Ramadhan 1445 H, selain program Back To Masjid, KLL PWA Jatim memiliki beberapa program unggulan lain yang dilaksanakan serentak di Jawa Timur. ”Kami masih memiliki beberapa program lain seperti Tebar Takjil, Pasar Sembako Murah, Kado Ramadhan, dan Bhakti Guru,” kata Miftahul Jannah.

Selain Penyerahan bantuan Tempat sampah untuk masjid. Peralatan ibadah seperti Mukena, Sarung, dan Al Quran juga diserahkan oleh Ketua KLL PWA Jatim kepada Takmir Masjid Dakwah sebagai perwakilan. Pasar Sembako Murah juga menjadi program yang di gelar untuk warga sekitar Masjid Dakwah. Siswi dan Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sampang yang letaknya menjadi satu area dengan masjid Dakwah juga mendapatkan bantuan mukena dan sarung untuk memantapkan ibadah Ramadan esok.

Pada kesempatan ini hadir juga, Anis Sjafitrie, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Sampang. PDA Sampang merupakan mitra KLL PWA Jatim dalam pelaksanaan program Back To Masjid dan Paket Sembako Murah untuk warga sekitar masjid dan anggota ‘Aisyiah Sampang.

Ketua Takmir Masjid Dakwah, M. Sholeh, menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas program Back To Masjid Kantor Layanan LAZISMU PWA Jatim ini. ”Alhamdulillah, semoga kegiatan Back To Masjid KLL LAZISMU PWA Jatim ini menambah kualitas ibadah seluruh jamaah masjid Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sampang di bulan Ramadhan tahun ini,” kata Sholeh.

Program-program tersebut dilandasi oleh semangat memberi untuk negeri dengan mengajak kaum muslimin secara bersama-sama saling membantu dan tolong menolong untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqahnya melalui Kantor Layanan LAZISMU PWA Jatim sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. ”Maka LAZISMU pada Ramadhan 1445 H ini mengangkat tema besar Zakat untuk Negeri.” (*)

Reporter: Rahma Dheny

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer