19.5 C
Malang
Rabu, Juli 24, 2024
KilasPKB Klaim Banyak yang Siap Jadi Pendamping Kiai Marzuki di Pilgub Jatim

PKB Klaim Banyak yang Siap Jadi Pendamping Kiai Marzuki di Pilgub Jatim

KETUA Desk Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Halim Iskandar angkat bicara soal wacana mengusung Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jatim.

Menurut Gus Halim (panggilan akrabnya), banyak sosok yang menyatakan siap untuk mendampingi Kiai Marzuki untuk bertarung di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2024 mendatang. Namun, dia enggan untuk mempublikasikan nama-nama tersebut.

“Untuk pendampingnya Kiai Marzuki banyak yang siap, tapi kita tidak akan ekspos,” kelakarnya usai Konferensi Pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu menyebut, yang terpenting adalah bagaimana memastikan kesediaan Kiai Marzuki terlebih dulu untuk maju sebagai Cagub Jatim.

“Karena Kiai Marzuki-nya dulu ini, untuk pendampingnya ini sudah banyak yang siap,” kata dia.

Lebih lanjut, Gus Halim mengungkapkan, banyak figur yang kemudian datang ke PKB dan menyatakan siap mendampingi Kiai Marzuki sejak nama Mantan Ketua PWNU Jatim itu bergulir atau masuk bursa Pilgub Jatim berdasarkan sejumlah hasil survei.

“Jadi setelah Namanya Kiai Marzuki bergulir itu justru banyak yang datang untuk siap menjadi wakilnya, mendampingi beliau,” ungkapnya.

“Tetapi kuncinya tetap, kuncinya di Kiai Marzuki untuk Jawa Timur,” sambung Gus Halim.

Untuk diketahui, PKB memiliki 27 kursi di DPRD Jawa Timur, sehingga sudah lebih dari cukup untuk bisa mengusung pasangan calon (paslon) sendiri untuk Pilgub Jatim 2024.

Syarat minimal untuk bisa mengusung paslon di Pilgub Jatim adalah partai politik (parpol) ataupun gabungan parpol harus minimal memiliki 24 kursi dari total 120 kursi di DPRD Jawa Timur.

Meski begitu, banyak kabar dan isu beredar soal nama-nama yang bakal diusung.  Namun hingga saat ini PKB belum juga memberikan rekomendasi terhadap satu nama pun untuk Pilgub se-Indonesia, termasuk di Pilgub Jatim.

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer