31.3 C
Malang
Kamis, Juli 18, 2024
KilasRekapitulasi KPU Jateng, Prabowo-Gibran Unggul dengan 12.096.454 Suara

Rekapitulasi KPU Jateng, Prabowo-Gibran Unggul dengan 12.096.454 Suara

KPU Provinsi Jawa Tengah selesai membacakan hasil rekapitulasi suara pemilihan presiden-wakil presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) tahun 2024, Sabtu (9/3/2024) sore. Hasilnya, pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar sebagai pemenangnya.

Paslon nomor urut 2 itu meraih suara terbanyak Pilpres di Jateng dengan 12.096.454 suara. Kemudian, di urutan kedua ada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menyusul dengan raihan 7.827.335 suara. Sedangkan, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada diposisi buncit dengan raihan 2.866.373 suara.

“Jumlah total suara sah dalam pemilihan umum (Pemilu) tanggal 14 Februari 2024 lalu sebanyak 22.790.162 suara, dan jumlah suara tidak sah sebanyak 685.649 suara. Jumlah suara sah dan tidak sah total 23.475.811 suara,” kata Handi Tri Ujiono seperti dilansir Antara.

Ketua KPU Jawa Tengah itu menerangkan, rapat pleno rekapitulasi di tingkat provinsi ini mundur dari jadwal yang direncanakan. Seharusnya, rapat pleno selesai pada 8 Maret 2024.

“Pleno molor karena ada beberapa daerah yang belum selesaikan rekapitulasi, sehingga kita membutuhkan waktu tambahan,” terangnya.

Handi mengungkapkan, beberapa daerah yang proses rekapitulasinya cukup lama adalah Kabupaten Banjarnegara, Brebes, Wonosobo, dan Magelang. “Secara umum rekapitulasi berjalan baik. Semua selesai walaupun ada keberatan yang disampaikan oleh para saksi. Keberatan berkaitan dengan proses,” tegasnya.

Dalam rapat pleno tersebut, lanjut dia, KPU Jawa Tengah telah menetapkan hasil perhitungan pemilihan anggota DPRD Provinsi Jateng. “Untuk hasil perhitungan Pemilu Presiden, DPR, dan DPD RI bakal dibacakan KPU Jawa Tengah saat rapat pleno terbuka di KPU RI,” paparnya.

Adapun rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat provinsi diakhiri dengan penyerahan berita acara perhitungan. Ketua KPU Provinsi Jateng menyerahkan hasil pleno kepada saksi masing-masing pasangan capres dan cawapres, partai politik, serta calon anggota DPD RI.

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer