23.7 C
Malang
Rabu, April 17, 2024
KilasUpdate Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Menang di 30 Provinsi, Anies-Muhaimin Curi 2 Kemenangan

Update Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Menang di 30 Provinsi, Anies-Muhaimin Curi 2 Kemenangan

Capres-cawapres ketika pengundian nomor urut

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah mengesahkan rekapitulasi nasional hasil perolehan suara pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 di 32 provinsi, Sabtu (16/3/2024). Hasilnya, perolehan suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak terkejar.

Sesuai data yang berhasil dihimpun Maklumat.id, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 itu total memperoleh 75.463.262 suara. Paslon yang diusung oleh gabungan partai Gerindra, Golkar, PAN, serta PSI tersebut unggul cukup jauh dibandingkan pasangan Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), yang berada di urutan kedua.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 itu hanya memperoleh total 28.620.093 suara. Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di urutan paling buncit. Pasangan yang diusung oleh koalisi PDIP, PPP dan Perindo itu hanya mampu memperoleh 22.977.842 suara.

Perolehan suara Prabowo-Gibran diketahui juga menang di 30 provinsi, dari 32 provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat nasional. Sedangkan, Anies-Cak Imin hanya mampu mencuri kemenangan di 2 provinsi, yakni Provinsi Sumatera Barat dan juga Aceh.

Perolehan suara AMIN di tanah Minang total mencapai 1.744.042 suara. Selisihnya tidak terpaut jauh dibandingkan dengan Prabowo-Gibran. Paslon yang identik disebut Gemoy itu mendapatkan 1.217.314 suara. Sedangkan, pasangan Ganjar-Mahfud tertinggal cukup jauh dengan perolehan 124.044 suara.

Selanjutnya, pasangan Anies-Muhaimin juga diketahui menang di bumi Rencong. AMIN unggul cukup jauh di Provinsi Aceh dengan perolehan 2.369.534 suara. Posisi kedua ditempati oleh Prabowo-Gibran dengan 787.024 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud Md menempati posisi ketiga dengan 64.677 suara.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan, hingga perhitungan hari ke-18, pihaknya telah mengesahkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional di 32 provinsi. Sulawesi Tengah merupakan provinsi terbaru yang hasilnya telah disahkan oleh KPU RI.

“Dengan tambahan Provinsi Sulawesi Tengah hari ini, 16 Maret 2024, itu berarti sudah 32 provinsi yang selesai direkapitulasi,” ujar Mellaz kepada awak media di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebanyak 32 provinsi diketahui sudah melakukan rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres 2024. Masing-masing adalah Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Lampung, Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, dan NTT.

Kemudian, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Banten Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, Bengkulu, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Aceh, Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua Selatan, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Utara dan Sulawesi Tengah.

“Nah, rekapitulasi suara tingkat nasional sisa enam provinsi yang belum. Untuk pulau Jawa tersisa Jawa Barat. Kemudian ada Maluku dan Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya,” tandasnya.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer