22 C
Malang
Minggu, Oktober 6, 2024
KilasGamal Albinsaid Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPR RI, Prioritaskan Pembenahan Pendidikan

Gamal Albinsaid Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPR RI, Prioritaskan Pembenahan Pendidikan

Gamal Albinsaid
Gamal Albinsaid ingin membenahi pendidikan Indonesia. Foto:DPR

MAKLUMATGamal Albinsaid, tokoh muda dari PKS resmi dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Sebagai wakil rakyat, Gamal Albinsaid menyatakan komitmennya untuk membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Impactfull yang berdampak, jadi jangan mencoba untuk memberi kesan kepada masyarakat, tapi fokuslah kepada memberikan dampak kepada masyarakat. Karena kesan akan hilang,” ujar Gamal Albinsaid, Selasa (1/10/2024).

“Tapi, dampak akan bertahan. Maybe you are impressive, but are you impactful?” sambung Dokter Gamal, panggilan akrabnya.

Dokter Gamal dikenal sebagai tokoh muda inspiratif yang concern di bidang pendidikan dan Kesehatan. Bahkan pernah mendapatkan penghargaan internasional dari sejumlah negara maupun lembaga.

Pria yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur V yang mencakup Kabupaten Malang, Kota Malang, serta Kota Batu itu menegaskan bakal fokus pada persoalan pendidikan. Termasuk kesejahteraan guru.

Sebelum menjadi caleg dan terpilih sebagai anggota DPR RI 2024-2029, Dokter Gamal telah memiliki program ‘Malang Cerdas’ yang telah dijalankan se-Malang Raya.

“Kami fokus berkeliling lebih dari 272 sekolah se-Malang Raya dan saya bertemu lebih dari 100.000 pelajar, guru, atau wali murid,” kata Gamal.

“Oleh karena itu, kami ingin betul-betul meningkatkan kesejahteraan guru. Dan yang terakhir soal growth mindset untuk anak-anak kita,” sambungnya.

Dokter Gamal menyoroti sejumlah hal berkaitan dengan pendidikan. Mulai skor PISA (Programme for International Student Assessment) Indonesia rendah, hingga upaya-upaya membangun kemampuan literasi dan numerasi anak-anak Indonesia.

“Lalu kedua soal kesejahteraan guru. Jadi survei bilang 42 persen guru itu punya penghasilan di bawah 2 juta dan 42 persen guru juga itu terjerat pinjol. Oleh karena itu, kami ingin betul-betul meningkatkan kesejahteraan guru. Dan yang terakhir soal growth mindset untuk anak-anak kita,” tandasnya.

Pelantikan Anggota DPR RI 2024-2029

Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024) di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin, memandu pembacaan sumpah/janji jabatan yang menandai pelantikan tersebut.

Sebelum pengambilan sumpah, Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, membacakan Keputusan Presiden (Keppres) terkait peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029. Seluruh anggota terpilih mengucapkan sumpah yang berisi komitmen untuk menjalankan tugas sesuai konstitusi dan undang-undang yang berlaku.

“Demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” bunyi salah satu bagian sumpah yang diucapkan serentak oleh para anggota DPR.

Sebagian besar anggota DPR yang dilantik, yakni 370 orang merupakan wajah-wajah lama yang telah menjabat sebelumnya. Sisanya 210 adalah pendatang baru di Senayan. Tugas mereka kini meliputi tiga fungsi utama DPR, yaitu legislasi, pengawasan, dan penganggaran.

Dalam masa transisi ini, pimpinan sementara DPR RI diemban oleh Guntur Sasono, anggota DPR terpilih dari Partai Demokrat daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII, sebagai Ketua sementara. Sementara Annisa Mahesa, dari Partai Gerindra dapil Banten II, menjabat sebagai Wakil Ketua sementara.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer