25.6 C
Malang
Sabtu, Oktober 5, 2024
KilasKhofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik di Hari Batik Nasional 2024

Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik di Hari Batik Nasional 2024

Hari Batik
Khofifah mengajak masyarakat Jawa Timur bangga mengenakan batik. Foto:IST

MAKLUMAT — Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangga mengenakan batik.

Ajakan Khofifah ini disampaikan dalam rangka Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

“Batik adalah warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai keberagaman dan kekayaan seni yang luar biasa. Mari kita bangga mengenakannya sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya bangsa,” ujar Khofifah, Rabu (2/10/2024).

Khofifah menjelaskan, Hari Batik Nasional diperingati untuk meningkatkan apresiasi dan rasa bangga masyarakat terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Ia menekankan pentingnya menjaga dan mempromosikan batik, yang sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO sejak 2009.

“Melalui tema Bangga Berbatik, kita diajak untuk merawat warisan budaya ini dan memastikan keberadaannya terus lestari di tengah modernisasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Khofifah berharap peringatan Hari Batik Nasional tidak hanya menjadi momentum seremonial, melainkan juga sebagai langkah konkret untuk menjaga identitas bangsa.

Menurutnya, batik mampu menyatukan masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang sosial, ras, dan suku.

“Memakai batik bukan hanya soal pakaian, tetapi juga simbol persatuan yang mengatasi perbedaan di antara kita,” tutupnya.

Peringatan Hari Batik Nasional 2024 diharapkan dapat terus mengukuhkan batik sebagai identitas bangsa yang tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga diakui secara global.

 

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer