
MAKLUMAT – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar pelatihan kewirausahaan, kali ini dalam bentuk Entrepreneur Day Workshop and Expo. Acara yang berlangsung selama dua hari pada 2-3 Desember 2024, menarik minat ratusan mahasiswa untuk menggali potensi bisnis.
Lebih dari 300 peserta antusias mengikuti berbagai rangkaian acara, termasuk workshop dengan tema “How to Create Business Idea into Pitching Scenario”.
Dalam workshop ini, Co-Founder dan CTO Maxy Academy, Andy Febrico Bintoro membekali peserta dengan teknik pitching yang efektif. Menurut Toro, sapaan akrabnya, pitching bukan sekadar presentasi, melainkan seni meyakinkan investor.
“Pitching adalah kunci membuka pintu investasi. Peserta perlu menguasai cara menyampaikan poin penting dan unik, dari bisnis mereka secara singkat dan menarik,” tegas Toro.
Ia juga menekankan pentingnya kejujuran dalam menyampaikan keunggulan produk atau jasa. Sebab, investor biasanya memiliki tim ahli yang akan memverifikasi informasi.
Selain workshop, expo juga menjadi daya tarik kegiatan. Lebih dari 30 stan memamerkan berbagai produk inovatif hasil karya mahasiswa, mulai dari hasil penelitian hingga pengembangan bisnis mandiri.
Wakil Rektor III UMM, Dr. Nur Subeki, mengungkapkan bahwa pelatihan kewirausahaan ini merupakan salah satu upaya kampus mencetak lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan kewirausahaan kuat.
“Seorang pengusaha harus adaptif dan mampu melihat peluang. Serta menciptakan produk unggul, dan bisa bekerja sama dalam tim. Melalui kegiatan ini, kami ingin membekali mahasiswa untuk terjun ke dunia bisnis,” ujar Subeki.
UMM berharap Entrepreneur Day Workshop and Expo bisa menginspirasi lebih banyak mahasiswa untuk mengembangkan usahanya. Kampus Putih berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa yang berminat menjadi pengusaha melalui berbagai program pendampingan dan inkubasi.