29.4 C
Malang
Jumat, Oktober 18, 2024
KilasSikap PKS di Pilgub Jatim: Peluang Merapat ke Duet Khofifah-Emil Lebih Besar

Sikap PKS di Pilgub Jatim: Peluang Merapat ke Duet Khofifah-Emil Lebih Besar

Ketua DPW PKS Irwan Setiawan

KETUA DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur, Irwan Setiawan buka suara soal sikap partainya dalam Pilgub Jatim 2024, apakah akan mendukung petahana Khofifah-Emil atau bergabung dalam poros PDIP-PKB yang santer bakal terbentuk.

Irwan meminta publik untuk menunggu saja kemana PKS akan melabuhkan dukungannya. Dia menegaskan, rekomedasi dari DPP PKS untuk Pilgub Jatim 2024 akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

“Ditunggu saja, sebentar lagi diumumkan rekomendasi PKS akan turun di Pilgub Jatim 2024,” katanya, dikutip Rabu (17/7/2024).

Kendati begitu, Irwan menyebut DPP PKS memiliki peluang dan kecenderungan untuk mengarahkan dukungannya ke bakal paslon petahana, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. “Ya peluangnya lebih besar ke petahana (Khofifah-Emil),” sebutnya.

Irwan mengungkap, jajaran pengurus PKS Jatim beberapa waktu lalu juga telah bersilaturahmi dan melakukan pertemuan dengan Khofifah di kediaman mantan perempuan yang juga menjabat Ketua Umum PP Muslimat NU itu.

“Iya beberapa waktu lalu (bersilaturahmi ke kediaman Khofifah). Ditunggu saja nanti kalau sudah turun rekomendasinya kami umumkan,” tandasnya lagi.

Sebagai informasi, duet Khofifah-Emil sejauh ini telah mendapatkan 7 rekomendasi dari partai politik (parpol), yakni Demokrat, Golkar, Perindo, PSI, PAN, Gerindra, serta PPP, untuk kembali bertarung dalam Pilgub Jatim 2024.

Jika dikonversi, dukungan dari keenam partai itu mencapai 57 kursi DPRD Provinsi Jawa Timur. Jumlah itu sudah lebih dari cukup untuk bisa melenggang sebagai bakal paslon Pilgub Jatim 2024, yang ambang batasnya adalah 24 kursi (20 persen dari total 120 kursi).

Di sisi lain, masih ada empat parpol parlemen Jatim yang belum menyatakan sikapnya, yakni PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), NasDem (10 kursi), dan PKS (5 kursi). Dari itu semua, hanya PKB yang berhak dan bisa untuk mengusung paslon sendiri tanpa harus membangun koalisi atau gabungan parpol.

Reporter: Ubay NA

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer