22.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasBuka Dialog Terbuka, Haedar Nashir Ceritakan Kisah Kakek Anies Baswedan

Buka Dialog Terbuka, Haedar Nashir Ceritakan Kisah Kakek Anies Baswedan

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir

MENGAWALI acara Dialog Terbuka Muhammadiyah bersama pasangan calon Presiden (Capres) Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyinggung peran jurnalis dan diplomat Indonesia bernama Abdurrahman Baswedan. Tokoh yang disebut  tidak lain merupakan kakek dari Anies Baswedan.

Prof Haedar menuturkan, sosok Abdurrahman Baswedan memiliki jiwa ke-Indonesia-an yang sangat besar. Hal itu terlihat dari caranya bertutur kata dan cara berpakaian yang sering digunakan. Selain itu, Abdurrahman Baswedan merupakan penggerak kekuatan masyarakat keturunan Arab untuk bersatu dan memperjuangkan Indonesia merdeka.

“Seorang tokoh jurnalis, Abdurrahman Baswedan, yang cucunya ada di sini, dia seorang pejuang kemerdekaan lewat penanya dan dia mendirikan Persatuan Arab Indonesia,” kata Prof Haedar saat menyampaikan sambutan dalam acara Dialog Terbuka di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (22/11/2023).

Prof Haedar menyebut, Abdurrahman Baswedan, bersama dengan Agus Salim, Rasjidi, hingga Kahar Muzakkir berperan besar dalam pengakuan atas kemerdekaan Indonesia dari Timur Tengah, terutama Mesir, sebagai negara awal yang mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia.

“Bahkan, dia (Abdurrahman Baswedan) membawa surat dukungan dari Mesir dengan cara menyelamatkan diri di setiap bandara. Karena saat itu Indonesia sedang diduduki kembali oleh Belanda dan sekutu. Akhirnya bisa selamat sampai Jakarta dan membawa surat dukungan Mesir untuk kemerdekaan Indonesia,” jelas Haedar.

Dari sosok para tokoh dan pahlawan bangsa itulah, Prof Haedar meminta seluruh anak bangsa untuk bisa belajar untuk berjiwa negarawan serta berkhidmat bagi kepentingan bangsa dan negara melampaui apapun. “Hari ini, kita akan berdialog dengan calon presiden dan wakil presiden dan saya yakin dan kita yakin punya sejarah jejak pemikiran dan reputasi dan pengkhidmatan yang tinggi,” ujarnya.

Seperti diketahui, PP Muhammadiyah menggelar acara Dialog Terbuka Muhammadiyah bersama capres-cawapres. Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan giliran pertama di Edutorium UMS, Jawa Tengah. Selanjutnya, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendapatkan giliran kedua, yang akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kamis (23/11/2023). Serta paslon nomor urut 2 Prabowo Subiantor-Gibran Rakabuming Raka yang akan digelar di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jumat (24/11/2023).(*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer