19.5 C
Malang
Rabu, Juli 24, 2024
KilasDorong Diaspora Kader, LHKP PP Muhammadiyah Gelar Regional Meeting se-Jawa di Malang

Dorong Diaspora Kader, LHKP PP Muhammadiyah Gelar Regional Meeting se-Jawa di Malang

LEMBAGA Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PP Muhammadiyah akan menggelar Regional Meeting, sekaligus konsolidasi bersama LHKP PWM se-Jawa pada 17-18 Mei 2023.

Ketua LHKP PP Muhammadiyah, Ridho Al Hamdi menyebut Regional Meeting LHKP se-Jawa akan dilaksanakan di Kapal Garden Hotel Taman Sengkaling, Malang dan merupakan agenda Regional Meeting pertama dari serangkaian Regional Meeting yang akan dilaksanakan oleh LHKP PP Muhammadiyah.

“Nantinya menyusul juga akan ada Regional Meeting di Region Kalimantan, Sumatera, Nusaba (Nusa Tenggara, Bali), serta Sumapa (Sulawesi, Maluku, Papua),” ujarnya saat dihubungi Maklumat.id, Ahad (14/5).

Secara garis besar, Ridho menjelaskan bahwa Regional Meeting adalah sarana untuk menyamakan irama antara LHKP PP Muhammadiyah dengan LHKP di wilayah-wilayah, serta sarana untuk melakukan konsolidasi organisasi dan gerakan.

“Selain itu, kita juga akan membahas terkait pemetaan dalam mendiasporakan kader-kader Muhammadiyah, serta bagaimana kebijakan publik di tingkat wilayah, dan semacamnya,” jelasnya.

Sebagaimana amanat Muktamar Muhammadiyah yang salah satunya adalah untuk mendorong diaspora kader di berbagai sektor, maka LHKP memiliki peran penting dan strategis untuk mengupayakan hal tersebut.

“Ini adalah langkah awal, sebagai ijtihad dan jihad politik Muhammadiyah. Untuk mendorong diaspora kadernya di berbagai sektor,” tandas pria yang juga Akademisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut.

Senada dengannya, Ketua LHKP PWM Jatim Muhammad Mirdasy mengatakan, bahwa adanya Regional Meeting adalah sebagai upaya untuk mendorong diaspora kader-kader Muhammadiyah dalam menghadapi momentum politik 2024.

“Regional Meeting ini melibatkan LHKP PWM di 6 provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Namun, secara esensi akan membawa pengaruh bagi program, sikap dan kebijakan secara nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mirdasy menyebut bahwa LHKP Jatim juga akan mendorong adanya inventarisasi terhadap kader-kader Muhammadiyah untuk bisa berkiprah di pemerintahan eksekutif maupun legislatif.

“Dan harapannya Regional Meeting bisa menghadirkan solusi dan kebijakan yang penting bagi pola hubungan Muhammadiyah dengan politik yang masih seolah dicemburui dan tabu sampai hari ini,” imbuhnya.

Selain itu, sesuai dengan surat penunjukan tuan rumah nomor 013/I.18/B/2023 oleh PP Muhammadiyah, menurut Mirdasy agenda Regional Meeting nantinya juga akan dihadiri oleh sejumlah tokoh.

“InsyaAllah di antaranya nanti akan dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah Pak Busyro Muqoddas dan akan ada Menko PMK Pak Muhadjir Effendy,” katanya. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer