20.7 C
Malang
Senin, Juni 17, 2024
KilasDPP IMM Serukan Bela Palestina, Hentikan Penjajahan Israel

DPP IMM Serukan Bela Palestina, Hentikan Penjajahan Israel

Ketua Bidang Hikmah dan Kajian Publik DPP IMM Baikuni Alshafa.

DEWAN Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) ikut merespon konflik geopolitik yang melibatkan Israel-Palestina beberapa waktu belakangan ini. Melalui Ketua Bidang Hikmah dan Kajian Publik DPP IMM Baikuni Alshafa memberi pernyataan sikapnya. Sikap tersebut disampaikannya saat ditemui di Jakarta (02/11/2023).

Baikuni memandang bahwa pembelaan terhadap nasib Palestina adalah kewajiban kemanusiaan yang harus dilaksnakan oleh seluruh warga dunia, utamanya bangsa Indonesia. Pemihakan itu adalah manifesto dari amanat konstitusi Indonesia yang menyerukan perdamaian dan menghapus penjajahan di atas dunia.

“Situasi geopolitik yang terjadi saat ini patut mengundang reaksi publik di seluruh dunia, utamanya Indonesia. Insiden yang terjadi di Palestina itu ialah murni penjajahan Israel kepada bangsa Palestina. Narasi ‘pembelaan diri’ adalah dalih bengis untuk membenarkan praktik kolonialisme terhadap bangsa Palestina. Indonesia jelas harus berpihak, keberpihakan itu adalah manifestasi dari perintah konstitusi untuk menjaga perdamaian dan menghapus penjajahan di atas dunia,” ungkap Baikuni.

Sebagai bagian dari entitas generasi muda Indonesia, DPP IMM menyerukan pemihakan  penuh terhadap kemerdekaan Palestina sekaligus menyeru pembebasan Palestina dari penjajahan Israel. Sebagai wujud keberpihakan terhadap nasib Palestina, Baekuni mengajak warga bangsa untuk setidaknya mengerjakan tiga hal. Pertama, turut terlibat untuk mengumpulkan dan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina bantuan sosial itu niscaya diperlukan demi memulihkan kondisi rakyat Palestina—bantuan sosial itu senada dengan aksi penggalangan dana Muhammadiyah yang hingga saat ini berhasil mengumpulkan dana sebesar 40 Milliar.

Kedua, menyeru kepada seluruh elemen bangsa untuk membangun kesadaran publik mengenai peristiwa penjajahan itu. Kesadaran tersebut utamanya berkaitan dengan kampanye dukungan terhadap Palestina lewat diskusi intens, penyebaran informasi melalui media sosial, membangun aliansi dukungan, kampanye petisi dan hal-hal lain menyangkut pembangunan kesadaran publik. Ketiga, menggalang aksi dukungan di seluruh penjuru daerah. Aksi kemanusiaan ini penting sebagai simbol keberpihakan kita terhadap nasib rakyat Palestina.

DPP IMM juga menyeru organisasi internasional untuk segera mengambil langkah-langkah konkret penyelesaian perang. Seraya itu juga mendorong pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah proaktif dan produktif untuk terlibat dalam penyelesaian konflik. (*)

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer