18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasHasil Rakernas V, Megawati Diminta Tetap Jadi Ketua Umum PDIP 2025-2030

Hasil Rakernas V, Megawati Diminta Tetap Jadi Ketua Umum PDIP 2025-2030

Megawati Soekarnoputri
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

SELURUH pengurus PDIP se-Indonesia meminta kesediaan Megawati Soekarnoputri untuk kembali memimpin partai politik (parpol) berlogo banteng tersebut sebagai Ketua Umum periode 2025-2030 mendatang.

Keinginan agar Megawati tetap menjadi Ketum PDIP merupakan salah satu rekomendasi atau hasil keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP. Kegiatan digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, sejak Jumat (24/5/2024) hingga Ahad (26/5/2024) ini.

“Rakernas V Partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia memohon kesediaan Prof Dr Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025,” ujar Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan hasil rekomendasi Rakernas, Ahad (26/5/2024).

Selain rekomendasi permintaan pengurus terhadap Megawati, Puan juga menyebut Rakernas ke-V PDIP telah melakukan pengkajian mendalam terhadap berbagai persoalan bangsa dan negara, baik nasional maupun internasional.

Menurut dia, persoalan-persoalan yang dimaksud tersebut mengandung potensi kerawanan yang harus dicermati langkah mitigasinya agar tidak menciptakan krisis. Rakernas ke-V memandang pentingnya keteguhan kepemimpinan partai di dalam menghadapi transisi pemerintahan ke depan.

“Oleh karena itu Rakernas ke-V partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga (ART) PDI Perjuangan untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah,” tandas perempuan yang juga menjabat Ketua DPR RI itu.

Sebagai informasi, Rakernas ke-V PDIP resmi ditutup oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, yang juga sekaligus menyampaikan pidato politiknya.

Sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent juga hadir langsung.

Soal sikap politik PDIP terhadap pemerintahan ke depan, Megawati enggan banyak berkomentar. Dia hanya berkelakar akan memainkan posisi saat ini. “Enak ae, ya gua mainin dulu dong,” selorohnya, Ahad (26/5/2024).

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer