21.5 C
Malang
Minggu, Mei 26, 2024
KilasKetua LHKP PWM Jatim: Hari Raya Momen Tepat Merekat Kembali Persatuan

Ketua LHKP PWM Jatim: Hari Raya Momen Tepat Merekat Kembali Persatuan

Ketua LHKP PWM Jatim Muhammad Mirdasy

KETUA Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Muhammad Mirdasy mengajak warga Persyarikatan untuk bisa merayakan Idul Fitri dengan hati yang lapang dan bersih.

Terlebih, kata dia, momentum Ramadan dan Syawal (Idul Fitri) 1445 Hijriyah tahun ini bertepatan dengan hiruk-pikuk dinamika pasca pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pria yang akrab dipanggil Gus Mirdasy itu mengajak, agar masyarakat menanggalkan identitas-identitas kelompok yang berpotensi menyebabkan persinggungan dan perselisihan. Apalagi dalam momentum Idul Fitri yang merupakan ‘hari kemenangan’ umat Islam.

“Tanggalkan dulu baju partai, identitas partai, pendukung 01, 02, 03. Kita rajut kembali silaturahmi. Bahwa dinamika politiknya sampai hari ini belum selesai, biarlah, pasrahkan dan ikuti pada proses dan hukum yang berlaku,” ujarnya kepada Maklumat.id, Selasa (9/4/2024).

“Lebih dari itu, persatuan antar anak bangsa lebih penting, ukhuwah Islamiah lebih penting. Jangan sampai hari raya, ketemu sanak saudara, kerabat, teman-teman, malah musuhan hanya karena imbas pertikaian Pemilu atau Pilpres,” lanjut Gus Mirdasy.

Pria yang juga Ketua DPW Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Jawa Timur itu berpesan, momentum Hari Raya Idul Fitri harus menjadikan umat Islam betul-betul kembali fitri. Maka, tradisi untuk pulang kampung, mudik, silaturahmi dan saling bermaaf-maafan harus bisa dimaknai secara benar.

“Jadikan tradisi-tradisi itu, jadikan Hari Raya Idul Fitri itu sebagai momentum yang tepat untuk kembali merekatkan persatuan, tidak ada lagi perbedaan kubu ini, kubu itu. Kita semua bersatu untuk bagaimana menatap Indonesia ke depan yang lebih baik,” tandas Gus Mirdasy.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebelumnya telah mengumumkan maklumat penetapan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, yang menurut hasil perhitungan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal akan bertepatan dengan Rabu, 10 April 2024 nanti.

Senada dengan Muhammadiyah, hasil sidang isbat Kementrian Agama (Kemenag) RI juga menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer