26.3 C
Malang
Minggu, Juni 23, 2024
KilasKPK Rencanakan Adu Gagasan Capres-Cawapres Terkait Antikorupsi

KPK Rencanakan Adu Gagasan Capres-Cawapres Terkait Antikorupsi

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana untuk mengundang para calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) untuk ‘beradu gagasan’ terkait pemberantasan korupsi pada 17 Januari 2024 mendatang.

“Iya betul, (capres-cawapres) diundang di acara program Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas). Sejauh ini, informasi yang kami peroleh diagendakan pada tanggal 17 Januari 2024 di gedung Merah Putih KPK,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (9/1/2024).

Ali menjelaskan, Paku Integritas telah dijalankan Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK sejak tahun 2021, guna menguatkan komitmen para pejabat untuk tidak korupsi.

Lebih lanjut, Ali menyebut telah melayangkan undangan untuk ketiga pasangan capres-cawapres. Menurut dia, semua paslon yang akan ‘bertarung’ dalam Pilpres 2024 itu telah mengkonfirmasi bakal hadir.

“Informasi yang kami peroleh, yang kami undang dimaksud, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir,” ujarnya.

Acara itu, kata Ali, digelar untuk menunjukkan komitmen para capres-cawapres dalam memberantas korupsi. KPU dan Bawaslu juga akan hadir dalam acara tersebut.

“Ini membangun komitmen bersama, masing-masing berkesempatan menyampaikan komitmennya dan hadir juga dari KPU dan Bawaslu. Karena dalam mengawal proses demokrasi, KPK juga memiliki agenda tentang ‘Hajar Serangan Fajar’ untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung,” tandasnya.

Sementara itu, cawapres nomor urut 03 Mahfud Md mengaku belum menerima undangan resmi dari KPK. “Saya menunggu undangan resmi saja dari KPK,” kata Mahfud, Selasa (9/1/2024).

Meski begitu, pria asal Pulau Madura itu mengaku sangat bergairah untuk hadir dan berdialog. “Pada prinsipnya saya bergairah untuk datang,” pungkas Mahfud. (*)

Reporter: Aan Hariyanto

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer