19.5 C
Malang
Rabu, Juli 24, 2024
KilasKPU Jatim Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Tuntas pada Januari 2024

KPU Jatim Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Tuntas pada Januari 2024

Ketua KPU Jatim Choirul Anam.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan kesiapannya untuk menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, saat ini pihaknya telah menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara untuk KPU se Jatim. Selain itu, bimtek juga ditujukan untuk badan adhoc seperti PPK dan PPS.

“Seluruh pasukan KPU Provinsi Jatim telah siap menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024,” katanya dalam media gathering di Movenpick Surabaya City, Senin (18/12/2023).

Anam menerangkan, selain bimtek, pihaknya juga telah mendistribusikan berbagai logistik untuk Pemilu 2024. Sampai saat ini logistik Pemilu 2024 yang telah terdistribusikan berupa kotak suara, bilik suara, tinta suara, segel, segel plastik, hingga alat coblos.

“Semua logistik telah terdistribusi ke seluruh KPU kabupaten dan kota se Jatim. Logistik itu sudah 100 persen berada di gudang logistik KPU Kota dan Kabupaten se Jatim,” terangnya.

Sementara untuk surat suara, Anam menyebutkan, belum selesai seluruhnya. Sebab, surat suara yang sudah selesai dan mulai didistribusikan baru surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia. “Untuk surat suara pemilihan DPRD, DPR RI, maupun Presiden, masih dalam proses produksi,” ungkapnya.

Anam memastikan, proses produksi dan pendistribusian surat suara akan 100 persen sampai ke KPU kabupaten/kota pada pertengahan Januari 2024. Sebab, untuk surat suara nantinya masih harus dilakukan sortir dan lipat, yang mana itu membutuhkan waktu lebih lama.

“Mudah-mudahan pada pertengahan Januari semua sudah terkirim di gudang-gudang logistik KPU kabupaten/ kota. Mengingat untuk surat suara ini masih dibutuhkan sortir maupun juga lipat,” tandasnya. (*)

Reporter: Aan Hariyanto

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer