21.5 C
Malang
Minggu, Mei 26, 2024
KilasMeski Potensial, Anies dan Cak Imin Tidak Akan Maju Pilgub

Meski Potensial, Anies dan Cak Imin Tidak Akan Maju Pilgub

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam dialog publik di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

CALON Presiden residen dan calon Wakil Presiden  (Capres-Cawapres) nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memastikan diri tidak akan mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2024.

Anies-Imin mengaku saat ini pihaknya masih fokus mengawal sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Saat ini, MK sudah menyelesaikan proses sidang pemeriksaan dan pengambilan keterangan pemohon, termohon, serta seluruh saksi, ahli, maupun pihak-pihak terkait.

Anies Masih Fokus Pilpres

Nama Anies Baswedan masih santer diisukan dan diwacanakan untuk kembali mencalonkan diri dalam Pilgub Jakarta 2024. Bukan tanpa alasan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI itu sudah pernah menjabat Gubernur Jakarta periode 2017-2022.

Artinya, dia masih cukup memiliki pamor dan elektabilitas dalam Pilgub mendatang. Peluang Anies masih cukup terbuka lebar untuk kembali menjabat Gubernur Jakarta untuk periode keduanya.

Meski begitu, Anies enggan memberikan jawaban secara eksplisit. Dia hanya menyebut tengah fokus pada persoalan-persoalan Pilpres 2024, yang memang masih belum betul-betul usai.

Anies berpendapat, masuknya dia dalam bursa bakal kandidat untuk maju di Pilgub Jakarta 2024 hanya isapan jempol belaka. Bahkan seolah sebagai pengalihan atas isu-isu Pilpres yang dinamikanya masih berlangsung.

“Itu isu untuk mengalihkan Pilpres. Seakan akan pilpres sudah selesai,” ujar Anies beberapa waktu lalu.

PKB Sudah Siapkan Cagub, Bukan Cak Imin

Sementara itu dari kubu Cak Imin, PKB menegaskan tak pernah memunculkan nama Ketua Umumnya itu untuk dibahas sebagai bakal kandidat untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur 2024 sebagaimana isu yang beredar.

“Sampai hari ini enggak ada pembahasan Gus Muhaimin (Cak Imin). Gus Muhaimin ada tempat yang lebih mulia daripada Gubernur Jawa Timur,” kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Gus Jazil, panggilannya, mengatakan pihaknya telah menyiapkan dan menggodok sejumlah nama yang lebih memungkinkan untuk bisa bertarung dalam Pilgub Jawa Timur.

Kendati demikian, dia masih enggan membocorkan siapa-siapa saja nama yang tengah dipersiapkan PKB, yang kemungkinan akan berhadapan melawan petahana di Pilgub Jawa Timur 2024. “Belum, enggak ada. Enggak ada itu,” tandas Gus Jazil singkat.

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer