21.5 C
Malang
Minggu, Mei 26, 2024
KilasPAN Jatim Buka Pendaftaran Cakada 2024, Zulhas Prioritaskan Kader Internal

PAN Jatim Buka Pendaftaran Cakada 2024, Zulhas Prioritaskan Kader Internal

Ketum PAN Zulkifli Hasan

MENYONGSONG Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan, partainya akan memprioritaskan kader internal untuk diusung dan dicalonkan sebagai kandidat kepala daerah.

“Soal Pilkada, PAN itu memang mengutamakan kadernya maju,” kata pria yang juga menjabat Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Jum’at (26/4/2024).

Zulhas, panggilan akrabnya, memberikan contoh sejumlah nama yang mungkin akan bisa ditawarkan kepada mitra koalisi dalam Pilkada di sejumlah daerah.

“Kalau Jakarta itu ada Eko Patrio, ada Mbak Lula Kamal, ada Zita Anjani, ya banyak. Jawa Barat ada Maria, Desy Ratnasari. Jadi, utamakan kader-kader (internal PAN),” kelakarnya.

Meski begitu, Zulhas menyebut, partainya juga membuka dan memberikan peluang bagi pihak-pihak eksternal yang ingin maju dan mencalonkan diri sebagai kepala daerah dari ataupun bersama PAN dalam Pilkada 2024.

“Kalau tidak ada kader yang lain, tentu nanti kita membuka peluang seluas-luasnya kepada pihak eksternal untuk bersama-sama nanti maju di Pilkada kabupaten/kota atau gubernur di daerah manapun,” kata Zulhas.

Sebagai informasi, Pilkada 2024 akan digelar secara serentak pada 27 November 2024 mendatang di sejumlah daerah se-Indonesia.

Pendaftaran pasangan calon kepala daerah (Cakada) akan mulai dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27-29 Agustus 2024 dan penetapan pasangan calon dijadwalkan pada 22 September 2024.

Masa kampanye Pilkada 2024 berlangsung selama 60 hari, terhitung sejak 25 September sampai 23 November 2024. Lalu, masa tenang pada 24-26 November 2024.

PAN Jatim Buka Pendaftaran Terbuka

DPW PAN Jatim sebelumnya telah mengumumkan membuka pendaftaran bakal Cakada untuk Pilkada 2024. Tepatnya, partai berlogo matahari itu tengah menjaring kandidat untuk calon bupati dan calon wakil bupati, ataupun calon walikota dan calon wakil walikota.

“PAN Jatim berkomitmen untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik Jawa Timur, untuk berkontribusi secara langsung dalam proses pembangunan dan pengelolaan daerahnya,” ujar Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig.

“Sekaligus membantu memastikan bahwa calon-calon kepala daerah memiliki kompetensi dan kualitas kepemimpinan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat,” imbuhnya.

Pendaftaran bakal cakada untuk 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur oleh PAN dibuka terhitung sejak Selasa (23/4/2024) lalu dengan mendaftarkan diri secara langsung ke Kantor DPD PAN di daerahnya masing-masing.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer