27.3 C
Malang
Jumat, Maret 1, 2024
KilasPolitisi Baik Kalah karena Orang Baik Tidak Terorganisir

Politisi Baik Kalah karena Orang Baik Tidak Terorganisir

Ketua LHKP PWM Jatim Muhammad Mirdasy ketika memberikan sambutan dalam regional meeting V

KETUA Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (LHKP PWM) Jawa Timur Muhammad Mirdasy menyebut, banyak politisi yang dinilai baik seringkali mengalami kekalahan karena orang-orang yang baik tidak bisa terorganisir secara baik.

Hal itu disampaikan oleh Gus Mirdas, sapaan karibnya, dalam Regional Meeting V LHKP PWM Jatim yang diadakan di Rays Hotel Malang, Sabtu (9/9/2023). “Membangun Literasi Politik di Muhammadiyah”.

Gus Mirdas menjelaskan, politik adalah bagian dari muamalah duniawiyah bagi seorang muslim. Sehingga, kebaikan maupun keburukan yang menyertainya kemudian, adalah bergantung pada bagaimana niat dan ikhtiar seseorang.

“Politik itu adalah wilayah muamalah duniawiyah. Karena itu, maka tergantung kitanya bagaimana niatnya dan ikhtiar-ikhtiar seperti apa yang kita lakukan. Kalau niatnya, ikhtiarnya adalah untuk kebaikan, maka itu akan menjadi kebaikan. Tapi jika diniatkan untuk hal yang buruk, maka akan menjadi sebuah keburukan,” tegasnya.

Mantan Ketua DPW Perindo itu berpendapat, sebenarnya politisi-politisi yang baik memiliki jumlah yang cukup banyak. Namun, belum mampu untuk mengorganisir orang-orang baik di sekitarnya. Sehingga, kekalahan dalam kontestasi seringkali dialami oleh para politisi yang dianggap baik oleh publik tersebut.

Hal itu, lanjut dia, karena para pemilih yang baik belum bisa berkumpul, dan mengorganisir diri untuk bisa memenangkan kandidat yang dinilai baik tersebut. “Politisi yang baik itu sering kalah karena orang-orang, pemilih-pemilih yang baik itu belum cukup mampu untuk berkumpul dan memenangkan politisi yang baik ini,” ungkapnya.

Sebaliknya, Menurut Gus Mirdas, para politisi yang dinilai jahat selalu saja bisa menang karena mereka punya ruang dan bisa memanfaatkan celah-celah tersebut. “Hal itu karena mereka mengetahui bahwa orang-orang baik itu tidak terorganisir dengan baik,” ungkapnya.

Agenda Regional Meeting V ini sendiri dilaksanakan sekaligus dengan Pelatihan Menulis dan Marketing Media. Kegiatan diikuti oleh pengurus LHKP PDM se-Malang Raya, perwakilan tim media LHKP PDM se-Jatim, perwakilan PCM se-Malang Raya, serta perwakilan Organisasi Otonom (Ortom) tingkat wilayah.(*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer