31.3 C
Malang
Kamis, Juli 18, 2024
KilasResmi, Pendaftaran Calon Anggota KPU Periode 2024-2029 untuk 36 Kabupaten/Kota di Jatim...

Resmi, Pendaftaran Calon Anggota KPU Periode 2024-2029 untuk 36 Kabupaten/Kota di Jatim Dibuka

Susanto memberikan keterangan pers

PENDAFTARAN calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2024-2029 untuk 36 kabupaten/ kota di Jawa Timur resmi dibuka. Tim seleksi (Timsel) KPU membuka pendaftaran mulai tanggal 8 Maret hingga 19 Maret 2024. Proses pendaftaran bisa dilakukan sacara online melalui www.siakba.kpu.go.id.

KPU RI telah membagi timsel KPU Kabupaten/kota berdasarkan wilayah. Di mana Timsel Jatim 1 akan melakukan seleksi untuk KPU Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Dan, Timsel Jatim 2 untuk KPU Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang dan Situbondo.

Kemudian, Timsel Jatim 3 akan menyeleksi calon KPU Bojonegoro, Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Tuban dan Kota Surabaya. Selanjutnya, Timsel Jatim 4 bertugas menyeleksi calon KPU Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Baru, Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo.

Sedangkan, Timsel Jatim 5 untuk KPU Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kota Blitar, Kota Kediri dan Kota Mojokerto. Dan, Timsel Jatim 6 untuk KPU Jombang, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan dan Trenggalek, Ponorogo dan Kota Madiun.

“Proses pendaftaran dimulai hari ini, dan akan dibuka selama 12 hari. Nanti, secara simultan timsel melakukan penelitian administrasi berkas calon sampai tanggal 26 Maret. Hasil verifikasi persyaratan administrasi akan kita umumkan paling lambat tanggal 30 Maret,” kata Sasongko Budhisusetyo kepada wartawan di Hotel Novotel Samator Surabaya, Jumat (8/3/2024).

Ketua Timsel KPU untuk Jatim 3 itu menerangkan, pihaknya menargetkan 100 orang pendaftar sebagai calon anggota KPU untuk 6 daerah tersebut. “Jika jumlah pendaftar lebih dari 100 orang, akan dilakukan seleksi. Sebaliknya, jika pesertanya kurang dari 100, maka langsung mengikuti tes tertulis dengan komputer (CAT),” terangnya.

Sasongko berharap, ada aktivis perempuan yang mendaftar sebagai calon anggota KPUD dan diharapkan bisa lolos. “Syukur kalau komisioner KPUD nanti ada keterwakilan dari perempuan. Tidak lagi semua anggotanya laki-laki,” ujarnya.

Tahap pertama, kata Sasongko, seleksi diawali dengan penelitian administrasi terhadap para calon pada 28-30 Maret. Kemudian, bagi pendaftar yang lolos verifikasi administrasi akan mengikuti tahapan tes tertulis lewat komputer (CAT), dan tes psikologi. Tahap tersebut dilakukan pada 31 Maret-5 April 2024.

“Untuk tes psikologi kita melibatkan TNI AD. Hasil tes psikologi akan muncul kalimat lulus, tidak lulus dan dipertimbangkan. Dengan begitu, Timsel tidak bisa bermain-main untuk meloloskan peserta tertentu. Kami akan menjunjung azas integritas, kompetensi dan independensi,” jelasnya.

Menurut dia, dari 100 peserta yang mengikuti tes tertulis dan psikologi, akan dipilih 20 peserta. Adapun pengumuman hasil seleksi tertulis dan psikologi ini pada 6-7 April. Selanjutnya, 20 peserta tersebut akan mengikuti tes wawancara. Hasil tes wawancara diumumkan 26-28 April.

“Hasil tes wawancara ini akan menentukan jumlah 10 peserta yang akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi di KPU RI. Nantinya, KPU RI yang akan memilih 5 nama anggota KPUD. Kelima nama anggota KPUD nanti akan dikirim lagi ke Timsel untuk dilakukan pelantikan bulan Juni,” ungkapnya.

Adapun pembukaan pendaftaran berdasarkan pengumuman KPU RI No 28/SDM.12-Pu/04/2024 tentang TIm Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Kota pada 37 Kabupaten/Kota di 2 Provinsi periode 2024-2029.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer