21.5 C
Malang
Minggu, Mei 26, 2024
KilasJalur Perseorangan Sepi Peminat, Hanya 6 Kandidat di 5 Kabupaten/Kota se-Jatim yang...

Jalur Perseorangan Sepi Peminat, Hanya 6 Kandidat di 5 Kabupaten/Kota se-Jatim yang Diterima

Pilkada Serentak 2024

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah menutup tahapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan atau independen untuk bisa maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Ahad (13/5/2024) kemarin.

Data terakhir setelah tahapan ditutup, diketahui jumlah calon perseorangan atau independen yang masih sangat minim. Bahkan, untuk kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur dipastikan tidak akan ada calon perseorangan yang akan bertarung.

Sementara, untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) maupun Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) ada beberapa kabupaten/kota yang tercatat terdapat calon perseorangan yang telah menyerahkan berkas syarat dukungan.

“Untuk di Pilkada Gubernur atau Pilgub kosong, tidak ada calon perseorangan. Kalau di kabupaten/kota atau Pilbup/Pilwali ada beberapa,” kata Anggota KPU Jatim, Choirul Umam saat dikonfirmasi Maklumat.id, Senin (13/5/2024).

Umam memaparkan, berdasarkan data yang masuk, dari 38 kabupaten/kota se-Jatim, terdapat 6 bakal paslon  di 5 daerah yang telah menyerahkan syarat dukungan dan diterima oleh KPU setempat.

Sementara, ada 4 bakal paslon di 3 kabupaten/kota yang juga telah menyerahkan syarat dukungan tapi dikembalikan oleh KPU setempat. Sebab, jumlah syarat dukungan tidak memenuhi syarat minimal dan sudah melebihi batas akhir jadwal yang telah ditentukan. Sehingga, tidak diberikan kesempatan untuk memperbaiki dokumen.

“(Dikembalikan) Karena jumlah yang diserahkan kurang dari jumlah minimal yang disyaratkan. Dan karena menyerahkan di batas akhir jadwal yang sudah ditentukan, 12 Mei pukul 23.59 WIB maka sudah tidak ada lagi kesempatan unutk memperbaiki,” tandas Umam.

Berikut data calon perseorangan di Pilkada se-Jawa Timur:

Kab. Trenggalek – 1 Bapaslon (Diterima)

Kab. Jember – 1 Bapaslon (Diterima)

Kota Malang: 2 Bapaslon (Diterima)

Kab. Bojonegoro: 1 Bapaslon (Diterima)

Kota Probolinggo: 1 Bapaslon (Diterima)

Kota Kediri: 1 Bapaslon (Dikembalikan)

Kota Surabaya: 2 Bapaslon (Dikembalikan)

Kab. Bondowoso: 1 Bapaslon (Dikembalikan)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer