26.2 C
Malang
Sabtu, Maret 2, 2024
KilasJelang Debat Cawapres, Emil Dardak: Gibran Punya Mental Baja

Jelang Debat Cawapres, Emil Dardak: Gibran Punya Mental Baja

Emil Dardak.

JURU bicara (jubir) cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka, Emil Elestianto Dardak menyebut, pihaknya sudah sangat siap untuk mengikuti debat kedua Pilpres yang akan menjadi jatah cawapres.

Menurut Emil, Gibran adalah sosok anak muda yang bermental baja, terbukti dari proses dan tempaan yang dialaminya selama berkiprah di kancah politik.

“Mas Gibran punya mental yang luar biasa. Mentalnya kuat, mental baja. Mental kuat dan baja ini ditempa dari berbagai ikhtiar yang dilakukan selama beliau berkiprah di berbagai bidang,” ujarnya kepada awak media, Senin (18/12/2023).

“Dan kami melihat bahwa kepemimpinan Mas Gibran ini mampu memberikan optimisme kepada timnya juga. Bahwa Mas Gibran InsyaAllah akan siap menghadapi debat yang akan datang,” imbuh pria yang juga masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim itu.

Emil mengatakan, Gibran adalah sosok yang sangat kompeten untuk membahas persoalan-persoalan yang menjadi tema utama dalam debat kedua Pilpres 2024 itu. Mantan Bupati Trenggalek tersebut menyebut, Gibran sangat menguasai isu-isu perekonomian.

“Beliau sudah sangat memadai. Pengetahuan beliau, karena begini, saya melihat beliau punya daya analitis yang baik dalam menelaah hal-hal terutama yang berkaitan dengan ekonomi,” terangnya.

“Jadi pengetahuan mengenai teknologi-teknologi terkini dan bagaimana pengaruhnya terhadap ekonomi itu semuanya sudah dipahami dengan baik oleh Mas Gibran,” sambung Emil.

Emil menegaskan, pihaknya telah banyak berdiskusi dan bertukar pikiran, sehingga secara persiapan sudah matang. “Tentunya bertukar pikiran ya, tapi tidak sampai harus kita yang supply karena referensinya sudah banyak sekali,” ungkap pria yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu.

“Dan memang tim Prabowo-Gibran ini melibatkan banyak sekali tentunya profesional-profesional karena membangun Indonesia butuh uluran tangan semua pihak,” pungkas Emil.

Sebagai informasi, debat Pilpres putaran kedua akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat kedua tersebut akan menampilkan ‘pertarungan’ gagasan dari para cawapres. Namun, para capres tetap akan ikut menghadiri agenda resmi yang digelar oleh KPU RI itu.

Tema utama yang akan dibahas dalam debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, serta infrastruktur dan perkotaan.

Sebagai panelis dalam debat kedua, KPU telah menunjuk Anggota Ombudsman 2018-2020 Alamsyah Saragih, Pakar Ekonomi Universitas Jember Adhitya Wardhono, Rektor UKI Atma Jaya 2015-2023 Agustinus Prasetyantoko, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fausan Al Rasyid, serta Ekonom CORE Indonesia Handri Saparini.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN Hyronimus Rowa, Assoc Profesor di Departemen Ekonomi FEB UGM Poppy Ismalina, Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025 Retno Agustina, Dekan FEB Undip Suharnomo, Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad, serta Direktur Eksekutif CSIS Yosa Rizal, juga menjadi panelis dalam debat tersebut. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer