21.5 C
Malang
Minggu, Mei 26, 2024
KilasPerdana Ikut Pemilu, Partai Ummat Dapat Satu Kursi di Lamongan

Perdana Ikut Pemilu, Partai Ummat Dapat Satu Kursi di Lamongan

Logo Partai Ummat

PARTAI Ummat (PU) melakukan debutnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Sebagai pendatang baru, partai politik (parpol) berlogo bintang emas itu berhasil mendapatkan satu kursi di DPRD Kabupaten Lamongan dalam Pemilihan Legislatif (Pileg).

Sekretaris DPD Partai Ummat Lamongan Eko Hijrahyanto Erkasi secara umum menilai, penyelenggaraan atau pelaksanaan Pemilu sudah cukup baik. Hal yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama menurutnya adalah soal edukasi masyarakat dalam menentukan pilihannya.

“Secara umum dalam hal penyelenggaraan atau pelaksanaannya yang dimulai dari pendaftaran parpol hingga pemungutan suara sudah baik,” kata dia saat dihubungi Maklumat.id, Kamis (2/5/2024).

“Namun yang menjadi PR kita bersama adalah terus mengedukasi masyarakat untuk memilih pemimpin yang punya track record yang baik, bukan karena money politics yang ini membuat cost demokrasi kita semakin besar,” imbuh Eko.

Sebagai partai pendatang baru, Eko mengakui bahwa kinerja dan strategi yang dilakukan partainya belum maksimal dengan segala keterbatasannya. Sebab itu, kata dia, penting untuk melakukan evaluasi secara mendalam.

“PU harus diakui belum bisa maksimal dengan berbagai keterbatasan. Dari situlah kita lakukan evaluasi yang mendalam untuk ke depannya agar lebih baik,” terangnya.

Lebih lanjut, Eko menyebut, meski sebagai pendatang baru Partai Ummat berhasil mendapatkan satu kursi di DPRD Kabupaten Lamongan, yang diraih di daerah pemilihan (dapil) 5 meliputi Kecamatan Brondong, Laren, Paciran, serta Solokuro.

“Dari hasil pileg kemarin, Alhamdulillah insyaAllah Partai Ummat Lamongan menempatkan satu kadernya untuk duduk di DPRD Lamongan, walaupun baru nanti malam akan ada pleno penetapan anggota legislatif terpilih di KPUD Lamongan,” ungkap Eko.

Hasil tersebut, menurut Eko sudah sesuai dengan kalkulasi yang dilakukan pihaknya. Meskipun, kata dia, masih tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

“Ini sudah sesuai dengan kalkulasi yang kita lakukan, meski ini di luar ekspektasi yang mestinya kita bisa dapatkan di dapil yang lainnya,” tandasnya.

Adapun caleg PU yang berhasil duduk sebagai wakil rakyat di Lamongan itu adalah Muslikh. Caleg PU nomor urut 1 itu sukses meraup 3.610 suara secara pribadi. Suaranya menjadi yang tertinggi dari total perolehan suara partai sebesar 8.746 suara.

“Beliau Pak Muslikh adalah mantan kepala Desa Sugihan Kecamatan Solokuro,” pungkas Eko.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer