18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasPKB Jajaki Duet Marzuki Mustamar-Arzeti di Pilgub Jatim 2024, Siap Lawan Khofifah-Emil!

PKB Jajaki Duet Marzuki Mustamar-Arzeti di Pilgub Jatim 2024, Siap Lawan Khofifah-Emil!

Arzeti Bilbina

MANUVER politik dilakukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur tahun 2024. Partai besutan Muhaimin Iskandar itu mengklaim siap untuk melawan duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2024.

Mantan Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar digadang-gadang bakal diusung oleh PKB sebagai calon Gubernur (Cagub) untuk melawan duet Khofifah-Emil. Bahkan, PKB telah menjajaki kemungkinan menduetkan Kiai Marzuki dengan Arzeti Bilbina sebagai calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendampingnya.

Politisi senior PKB Lathifah Shohib menilai, Kiai Marzuki akan menjadi sosok sepadan yang bisa melawan duet petahana Khofifah-Emil beserta para partai politik (parpol) pengusungnya. Terkait itu, pihaknya tengah melakukan penjajakan serius untuk mengusung Kiai Marzuki sebagai cagub Jatim.

“Mudah-mudahan (terwujud). Ini masih penjajakan juga,” kata Lathifah usai mendaftar ke Kantor DPC PKB Malang sebagai bakal calon bupati di Pilbup Malang 2024, Senin (20/5/2024).

Sebagai pendamping Kiai Marzuki, Lathifah menyebut keinginan DPP PKB untuk mengusung sosok representasi perempuan sebagai cawagub Jatim. Salah satu nama yang santer diusulkan adalah Anggota DPR RI Fraksi PKB, Arzeti Bilbina.

“(Arzeti) ini calon Wagub mendampingi Kiai Marzuki, salah satu nominator. Karena kan DPP menyampaikan Insyaallah pendamping Kiai Marzuki nanti perempuan. Salah satu yang kami usulkan adalah Mbak Arzeti,” ungkapnya.

Sementara itu, Arzeti yang turut mendampingi Lathifah saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Malang, enggan berkomentar banyak soal usulan untuk menduetkan dirinya dengan KH Marzuki Mustamar dalam Pilgub Jatim 2024.

“Hari ini aku datang ke sini (Malang) fokus untuk bantu Bu Nyai Lathifah Shohib maju di Kabupaten Malang. Untuk cagub dan cawagub, doanya, ya, mudah-mudahan di Harkitnas ini semoga Allah mudahkan. Bismillah berangkat haji dulu, untuk minta doa sama Allah dulu,” kata Arzeti.

Sebagai informasi, PKB memiliki modal 27 kursi di DPRD Jatim sudah lebih dari cukup untuk bisa mengusung pasangan calon (paslon) sendiri dalam Pilgub Jatim 2024.

Berembusnya wacana PKB mengusung KH Marzuki Mustamar sebelumnya disampaikan Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah, yang mengatakan pihaknya sejak lama berharap agar sosok Mantan Ketua PWNU Jatim itu bersedia maju di kontestasi Pilgub Jatim 2024.

Nama KH Marzuki Mustamar juga masuk bursa (muncul) dalam survei ARCI, yang membuat PKB semakin yakin salah satu ulama Jatim itu bisa diterima publik.

Sementara itu, hingga kini memang baru pasangan petahana Khofifah-Emil yang telah menegaskan diri untuk kembali bertarung dan berduet dalam Pilgub Jatim 2024 mendatang. Keduanya telah diusung oleh sejumlah parpol seperti Demokrat, Golkar, hingga PPP. Bahkan, Gerindra menyebut juga tengah menyiapkan surat rekomendasi untuk mengusung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim nanti.

Selain itu, khusus untuk Khofifah juga telah mendapatkan rekomendasi dari PAN untuk maju sebagai cagub di Pilgub Jatim 2024. Ketua Umum PP Muslimat NU itu juga mengklaim, dirinya telah menjalin komunikasi dan mendapatkan dukungan dari PDIP. Namun partai berlogo banteng tersebut belum secara resmi memberikan rekomendasinya.

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer