18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasSikap PDIP ke Pemerintah Bakal Diputuskan di Kongres, Masinton: Presiden Terpilih Belum...

Sikap PDIP ke Pemerintah Bakal Diputuskan di Kongres, Masinton: Presiden Terpilih Belum Dilantik

Masinton Pasaribu

ANGGOTA DPR RI dari Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu angkat bicara soal pertimbangan partainya belum menentukan sikap politik terhadap pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran kedepan.

Menurut dia, PDIP masih menunggu Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilu 2024 itu dilantik dan membentuk pemerintahannya. Sebab, kata dia, sikap atau keputusan akan berada di dalam atau di luar pemerintahan adalah keputusan yang bersifat strategis.

Pria yang menjabat di Komisi III DPR RI itu menyebut sikap resmi partai terkait pemerintahan Prabowo-Gibran akan ditentukan dan diputuskan dalam Kongres PDIP pada 2025 mendatang.

“Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang, merupakan hal yang bersifat strategis, dan selama ini selalu diputuskan dalam Kongres Partai,” ujar Masinton, Senin (27/5/2024).

Baca juga: Hasil Rakernas V, Megawati Diminta Tetap Jadi Ketua Umum PDIP 2025-2030

Lebih lanjut, Masinton mengungkap bahwa Ketua Umum PDIP yang juga Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri menganggap politik sebagai sebuah seni bernegara. Karena itu segala keputusan harus betul-betul dipertimbangan dengan matang dan rasional.

“Politik adalah seni yang melibatkan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi bagaimana suatu negara atau pemerintahan yang akan datang dijalankan,” jelasnya.

“Sebagai seni bernegara, Bu Mega dalam mengambil keputusan yang bersifat strategis pastinya atas pertimbangan rasional dan yang terbaik buat masa depan demokrasi yang saat ini mengalami kemunduran,” imbuh Masinton.

Selain penuh pertimbangan, Masinton juga menyebut faktor Prabowo-Gibran yang belum secara definitif menjabat sebagai salah satu hal yang membuat partainya belum segera menentukan sikap politik.

“Presiden terpilih belum dilantik (definitif) dan pemerintahannya juga belum terbentuk,” tandas dia.

Senada, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya ketika penutupan Rakernas V PDIP di Ancol pada Ahad (26/5/2024) kemarin telah menyebut pihaknya memerlukan perhitungan secara politik sebelum menentukan sikap resmi apakah akan di dalam atau di luar pemerintahan.

“Lah ini kan juga, kan sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan gitu kan. Kalau menit ini saya ngomong, kan harus dihitung secara politik juga,” kelakarnya.

Megawati mengklaim, banyak pihak yang sedang menunggu sikap politik PDIP terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran kedepan. “Enak aja, ya dong. Gua mainin dulu dong,” seloroh Megawati disambut tepuk tangan para peserta Rakernas.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer