22.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasSurvei UM Surabaya: Prabowo-Gibran Unggul Tipis di Anak Muda Jatim

Survei UM Surabaya: Prabowo-Gibran Unggul Tipis di Anak Muda Jatim

Peneliti Utama PUSAD UM Surabaya, Radius Setiyawan.

BAKAL pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Ramabuming unggul tipis atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk kalangan pemilih muda di Jawa Timur dalam survei yang dilakukan Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

Paslon yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) meraup sekitar 35 persen, mengguli Ganjar-Mahfud yang diusung PDIP (31 persen) dan Anies-Muhaimin (AMIN) yang diusung oleh Koalisi Perubahan (24 persen). Sementara sekitar 10 persen responden menyatakan belum menentukan sikap atau pilihannya.

“Prabowo-Gibran unggul versi pemilih muda disusul pasangan Ganjar-Mahfud dengan selisih yang tidak signifikan (sekitar 4 persen) dan ada 10 persen pemilih muda di Jawa Timur yang belum menentukan pilihannya soal Pilpres 2024,” kata Peneliti Utama PUSAD UM Surabaya, Radius Setiyawan, Jumat (27/10/23).

Untuk diketahui, survei ‘Elektabilitas Calon dan Persepsi Anak Muda Jatim Terhadap Politik Dinasti dan Politik Uang’ yang dilakukan oleh PUSAD UM Surabaya ini dilakukan pada 14-22 Oktober 2023 dengan sampel dari populasi pemilih di Jawa Timur yang sudah berumur 17-40 tahun. Kerangka sample (sampling frame) berasal dari populasi pemilih sesuai klasifikasi usia berdasarkan data KPU Jatim tahun 2024.

Teknik pengambilan sampel memakai Multistage Random Sampling. Dimana, lokasi diambil di semua kecamatan di Jawa Timur, sebanyak 38 kabupaten/kota, lalu diambil 4-5 kecamatan untuk dijadikan sampel penelitian. Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di tiap kecamatan dan kelurahan yang dijadikan lokasi penelitian.

“Tim kami mengambil jumlah sampel sebanyak 1.075 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota. Margin tingkat toleransi (standart of error) sebesar 3 persen dan tingkat kesalahan di angka 5 persen. Proses wawancara dilakukan secara by phone menggunakan kuesioner oleh enumerator,” jelas Radius. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer