28.2 C
Malang
Sabtu, Oktober 5, 2024
KilasKhofifah Puji Peran Muhammadiyah Tingkatkan IPM Jatim

Khofifah Puji Peran Muhammadiyah Tingkatkan IPM Jatim

Khofifah Indar Parawansa memuji kontribusi dan peran Muhammadiyah melalui sektor pendidikan dalam meningkatkan IPM Jatim. (foto: Rochman Arief)

MAKLUMAT – Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut dua, Khofifah Indar Parawansa memuji peran Muhammadiyah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Selama ini IPM Jawa Timur menunjukkan tren peningkatan dalam empat tahun terakhir.

Dalam kunjungannya ke kantor Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur, Rabu (2/10/2024), Khofifah mengakui pendidikan merupakan salah satu poin dalam meningkatkan IPM.

“Muhammadiyah telah berkontribusi terhadap indeks pembangunan manusia di Jatim, karena dalam empat tahun nerakhir ini menunjukkan tren yang terus meningkat,” kata Khofifah, didampingi Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Sukadiono.

Khofifah berharap Muhammadiyah terus berkontribusi terhadap peningkatan IPM, melalui sektor pendidikan. Ia tidak menampik peningkatan perekonomian suatu wilayah tidak bisa lepas dari perbaikan IPM.

Komponen utama IPM meliputi umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak. Tiga dimensi ini memiliki pengertian yang sangat luas, karena terkait banyak faktor. Adapun dimensi pengetahuan digunakan indikator melek huruf dan lama rata-rata sekolah.

“Implementasi pendidikan yang dilakukan Muhammadiyah cukup bagus, karena dilakukan di hampir semua jenjang. Mulai dari pendidikan dasar hingga tinggi. Ini sudah dilakukan secara nasional,” lanjut mantan Menteri Sosial itu.

Berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS)  tahun 2023, IPM Jatim berada di angka 73,38. Angka itu naik dari tahun 2022, yang berada di skor 72,75. Khofifah optimistis IPM tahun 2024 berpotensi naik seiring makin membaiknya minat dan lama sekolah.

Dalam kunjungan ke PW Muhammadiyah Jatim, Khofifah didampingi calon Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak. Kedua tokoh tersebut disambut Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Sukadiono di ruang VIP.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer