26.7 C
Malang
Jumat, Oktober 18, 2024
RagamUMKM Muhammadiyah Jawa Timur Siap Ekspor ke Lima Benua

UMKM Muhammadiyah Jawa Timur Siap Ekspor ke Lima Benua

UMKM Muhammadiyah
UMKM Muhammadiyah mengikuti pelatihan ekspor selama tiga hari (7-9 Oktober 2024) di Hotel Savana, Kota Malang. Foto:IST

MAKLUMATUMKM Muhammadiyah Jawa Timur semakin mantap menembus pasar internasional dengan kesiapan ekspor ke lima benua. Langkah ini terwujud berkat pelatihan ekspor yang digelar selama tiga hari oleh Lembaga Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (LP-UMKM) PWM Jawa Timur bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI.

Pelatihan tersebut berlangsung pada 7-9 Oktober 2024 di Hotel Savana, Malang. Sebanyak 30 pemilik produk UMKM dari wilayah Jawa Timur 2 berpartisipasi dalam pelatihan ini.  Para ahli ekspor, termasuk Lukman Kamaruzaman, Maulana Rizky, dan Pekik Warnendyo, yang merupakan praktisi ekspor berpengalaman, langsung mengajarkan pengetahuan kepada mereka.

Para peserta mendapatkan wawasan dan keterampilan praktis terkait akses buyer internasional dan teknik perdagangan global.

“Ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi UMKM binaan Muhammadiyah Jawa Timur. Hampir semua produk UMKM yang mengikuti pelatihan ini telah memenuhi standar ekspor,” ujar Imam Sugiri, ST, MM, Ketua LP-UMKM PWM Jawa Timur dalam keterangan resminya, Kamis (10/10/2024).

Ia menambahkan bahwa Muhammadiyah, melalui LP-UMKM, siap menjadi agregator ekspor untuk produk-produk UMKM dari Jawa Timur, khususnya dari kalangan UMKM binaan persyarikatan.

Pelatihan ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan daya saing UMKM lokal. Selama tiga hari, para peserta belajar tentang proses memulai ekspor, menghitung biaya, hingga strategi mengakses pasar internasional.

Para fasilitator dari Kementerian Perdagangan RI pun terkesan dengan potensi besar UMKM Jawa Timur untuk naik kelas dan bersaing di kancah global.

Ekspor Perdana Tahun 2025

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Perdagangan dan LP-UMKM PWM Jawa Timur, pelaku UMKM siap melakukan ekspor perdana pada tahun 2025. Ketua LP-UMKM Jawa Timur Imam Sugiri, mengungkapkan rasa bangga atas capaian ini.

Sugiri mengungkapkan, “Kemajuan ekonomi UMKM akan membawa dampak positif bagi gerakan dakwah. Mereka akan menyalurkan sebagian hasil usahanya melalui LAZISMU untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.”

Kementerian Perdagangan menyerahkan sertifikat pelatihan ekspor bersertifikasi ISO 9001 pada akhir pelatihan ini. Selanjutnya, Sekretaris LP-UMKM PWM Jatim, Imam Abda’i, SE, MM yang akan memimpin pembentukan jaringan alumni pelatihan.

“Ke depan, kami berharap seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Jawa Timur turut mendukung program ini. Caranya dengan membuka ruang yang lebih luas bagi UMKM di daerah masing-masing agar semakin banyak eksportir bermunculan,” tutup Imam Abda’i.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer