26.7 C
Malang
Jumat, Oktober 18, 2024
KilasJelang Pelantikan Presiden, Anies dan Ganjar Dipastikan Hadir

Jelang Pelantikan Presiden, Anies dan Ganjar Dipastikan Hadir

Dari kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, usai debat Pilpres pada Januari 2024 lalu. (Foto:Ubay/IST)
Dari kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, usai debat Pilpres pada Januari 2024 lalu. (Foto:Ubay/IST)

MAKLUMAT – Mantan rival Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 lalu, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memastikan diri bakal hadir pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, 20 Oktober nanti.

Ketua MPR RI Ahmad Muzani memastikan Anies dan Ganjar akan menghadiri pengambilan sumpah atau pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Pak Anies, Mas Ganjar alhamdulillah insyaAllah hadir. Saya sudah berkontak tadi malam, Mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, Mas Anies juga menyampaikan kehadirannya,” ujar Muzani saat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dilansir Antara Kamis (17/10/2024).

Meski begitu, Muzani mengaku belum bisa memastikan kehadiran dua mantan cawapres pendamping Anies dan Ganjar, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta Mahfud MD.

“Saya belum bisa kontak, demikian juga Mas Muhaimin. Tapi Mas Ganjar dan Mas Anies kami sudah berkontak alhamdulillah,” sebutnya.

Persiapan Sudah 90 Persen

Sebelumnya, Muzani juga telah mengungkapkan kesiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Dia menyebut secara keseluruhan persentase kesiapannya mencapai 90 persen.

“Sudah 90 persen,” kata Ahmad Muzani saat di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/10/2024).

Selain itu, Muzani menjelaskan tidak ada prosesi yang berbeda dalam pelantikan 20 Oktober mendatang.

Sebagai langkah mematangkan persiapan, Muzani menyebut pihaknya akan melaksanakan gladi kotor dan gladi bersih pada 18 dan 19 Oktober nanti.

“Prosesi sepertinya sama dari rencana prosesi protokol sampai dengan hari ini. Nanti kita akan lihat nanti di gladi kotor dan gladi bersih, 18 (Oktober) gladi kotor, 19 (Oktober) gladi bersih,” ungkapnya.

Tamu Undangan Kenegaraan

Tak hanya itu, Muzani juga mengaku telah mencatat soal tamu undangan kenegaraan. Dia mengatakan sudah banyak yang mengkonfirmasi bakal hadir.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), kata Muzani, akan terus mencatat jumlah tamu negara yang mengkonfirmasi akan hadir. Jumlahnya terus bertambah.

“Sudah cukup banyak, jumlahnya lagi terus dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri. Negara ASEAN dan mitra-mitra ASEAN,” kata dia.

Muzani juga memastikan Presiden Joko Widodo akan hadir.

“Kami mengundang kedatangan Pak Jokowi pada tanggal 20 Oktober, Hari Minggu yang akan datang. Alhamdulillah Pak Jokowi InsyaAllah berkenan untuk hadir pada Hari Minggu yang akan datang,” pungkasnya.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer