22.4 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasKetua KPU Jatim Minta ASN dan PPNPN KPU se-Jatim Harus Netral

Ketua KPU Jatim Minta ASN dan PPNPN KPU se-Jatim Harus Netral

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Choirul Anam.

PEMUNGUTAN suara Pemilu tahun 2024 tinggal menyisakan 59 hari. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Konsolidasi Wilayah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) KPU se Jawa Timur.

Konsolidasi bertajuk “Siap Berintegritas Menyelenggarakan Pemilu 2024” tersebut digelar selama tiga hari di Wyndham Hotel Surabaya, Jl. Basuki Rahmat Nomor 67-73 Surabaya. Agenda yang dimulai tanggal 15 – 17 Desember 2023 itu terbagi menjadi dua kegiatan, pertama diikuti sebanyak 503 ASN se-Jawa Timur pada 15 – 16 Desember 2023. Berikutnya secara beririsan, sebanyak 483 PPNPN pada 16 – 17 Desember 2023.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Choirul Anam mengatakan ASN dan PPNPN KPU se Jatim harus menjaga netralitas dan integritas Pemilu. Sebab, Pemilu merupakan ajang kontestasi yang legal dan sah untuk merebut atau mempertahankan kekuasaan, baik legislatif maupun eksekutif.

“KPU saya lihat telah menjadi lembaga yang mampu bermetamorfosis secara luar biasa.  Yang awalnya dulu disepelekan, saat ini menjadi lembaga yang banyak diperhitungkan,” kata Anam yang telah lima belas tahun mengabdi di KPU. Anam mengaku telah mengikuti rangkaian sejarah kelembagaan KPU.

Mantan Anggota KPU Kota Surabaya tersebut pun mengajak seluruh pegawai KPU untuk bersyukur menjadi bagian dari penyelenggara.  Salah satu wujud rasa syukur tersebut dapat diaplikasikan dengan tetap merapatkan barisan untuk lebih siap menghadapi Pemilu yang sebentar lagi.

“Kami perlu memastikan jajaran KPU, mulai dari komisioner ASN, dan PPNPN siap melaksanakan tahapan krusial pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 ke depan,” kata Anam saat memberikan sambutan.

Saat ini, lanjut Anam, konsolidasi juga digelar oleh KPU Jatim dengan menghadirkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Jawa Timur. Sekitar 3.330 personil tersebut turut diundang ke Surabaya secara bergelombang.

“Sejak 14 Juni 2022 lalu kita sudah melaunching tahapan Pemilu 2024. Hampir 18 bulan, sudah banyak tahapan yang kita laksanakan, mulai perencanaan, verifikasi partai politik, penentuan daerah pemilihan, pemutakhiran daftar pemilih, pencalonan, dan saat ini sedang berlangsung rekrutmen calon Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” terangnya.

Turut hadir dalam konsolidasi, Anggota Gogot Cahyo Baskoro dan Nurul Amalia, Sekretaris Nanik Karsini beserta para pejabat struktural di lingkungan KPU Jatim. (*)

Reporter: Aan Hariyanto

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer